Bunga Sepatu

Di rumah  ada tanaman hias berupa pohon kembang sepatu. Jadi foto bunga kembang sepatu ini adalah hasil jeprat jepret hape dari tempat lain ya.
Foto kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis L) yang dibawah ini diambil di sebuah pemancingan di depok, bogor, jabar. Aku bukan dateng mau mancing ya, tapi ikut bapak ambil gas 3 kg ke tempat saudara yang jadi agen gas. Di samping tempatnya ada pemancingan. Nah di tempat pemancingan itulah aku ngeliat pohon bunga ini.
kembang sepatu 01kembang sepatu 04
Katanya dulu kembang ini digunakan untuk menyemir sepatu ya, makanya namanya jadi kembang sepatu (untung bukan karena baunya yang seperti sepatu ya.hehehe).
kembang sepatu 05kembang sepatu 03
Kembang sepatu ini ternyata merupakan tanaman obat juga ya. Dari situs Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC), ada resep pengobatan untuk mengobati demam anak-anak dengan menggunakan kembang sepatu jenis ini, yaitu memakai ± 25 gram daun segar Hibiscus rosa sinensis, ditambah dengan air 2 sendok makan, ditumbuk sampai lumat, kemudian dibalurkan pada bagian dada punggung dan leher.
kembang sepatu 02

Yang di bawah ini namanya adalah kembang sepatu sungsang (Hibiscus schizopetalus (Mast.) Hook. f.). Aku ambil fotonya waktu pagi-pagi sama istri jalan-jalan melihat persawahan waktu berlibur akhir tahun di cianjur. Di pinggiran persawahan ada pohon ini. Aku baru itu ya lihat pohon kembang sepatu yang bunganya kaya gini.
kembang sepatu 1085kembang sepatu 1091
Rupanya kembang sepatu ini merupakan tanaman obat juga ya. Dari situs IPTEKnet dikatakan bahwa kembang ini dapat digunakan untuk mengobati Bisul dan Abses.
Cara pemakaiannya adalah sebagai berikut :
Daun secukupnya dicuci bersih, lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Letakkan diatas bisul atau abses, lalu dibalut.
kembang sepatu 1094
…..
Ini ada beberapa resep pengobatan tradisional dari Homepage Pribadi Muhammad Taufiq yang mungkin bisa dicoba.
1. Batuk disertai Sesak Nafas
3 bunga kembang sepatu, dicuci bersih, lalu remas-remas. Seduh dengan segelas air. Biarkan semalam di dalam tempat tertutup. Saring. Minum 1x sehari, ½ gelas bersama 1 sendok makan madu.
2. Bronkhitis
Cara I : Cuci, lumatkan, dan rebus 3 kuncup bunga kembang sepatu selama 15 menit. Saring. Minum airnya.
Cara II : 3 kuntum bunga kembang sepatu dicuci, dilumatkan, beri 1 gelas air matang dan sedikit garam. Peras dan saring. Minum 2x sehari, 2 sendok makan
3. Gondok
Akar kembang sepatu dicuci, dilumatkan. Rebus selama + 30 menit. Gunakan untuk mengompres gondok.
4. Sakit Kepala
Segenggam daun kembang sepatu dicuci, direbus selama 30 menit. Gunakan airnya untuk mengompres kepala yang sakit.
5. Sariawan
Segenggam daun kembang sepatu dicuci bersih, rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Saring. Minum airnya
6. Haid Tidak Teratur
3 kuntum bunga kembang sepatu dicuci, dilumatkan. Beri 1 gelas air matang dan sedikit cuka. Peras. Minum 2 – 3x sehari, masing-masing ½ gelas
7. Mencegah Uban
10 – 15 helai daun kembang sepatu, dicuci, remas-remas sampai keluar lendirnya. Basahkan kulit kepala dan rambut dengan lendir tersebut. Diamkan sampai kering, baru dicuci. Lakukan ini 2x seminggu.
Bunga Sepatu Bunga Sepatu Reviewed by begreengeneration on 19.51 Rating: 5

Tidak ada komentar :